Rabu, 31 Maret 2010

Polusi Udara Sebabkan Sakit Kepala

Anda terserang sakit kepala, namun tidak tahu apa penyebabnya? Bisa jadi masalah itu disebabkan oleh tingginya tingkat polusi udara disekitar lingkungan Anda.


Suatu penelitian yang dilakukan di salah satu daerah pemukiman padat penduduk di Propinsi Santiago, Chile, menemukan bahwa adanya keterkaitan antara sakit kepala dengan polusi udara. Semakin tinggi tingkat pencemaran udara maka semakin meningkat pula jumlah pasien yang menderita migren atau jenis penyakit kepala lainnya.

Pada penelitian yang telah dilaporkan dalam American Journal of Epidemiology, Dr. Sabit Cakmak beserta rekan sejawatnya dari Health Canada di Ottawa, Ontario, mengkaji tingkat kualitas udara yang diambil dari 7 stasiun monitoring antara tahun 2001 dan 2005. Stasiun monitoring ini berfungsi untuk mengukur lapisan ozon dan polusi udara termasuk diantaranya nitrogen dan sulful dioksida, karbon monoksida, dan partikel kecil yang berkaitan dengan pembakaran dari bensin, gas alam, dan sisa pembuangan bahan bakar lainnya.

Selama periode yang sama, tim peneliti juga mengumpulkan informasi mengenai jumlah pasien di rumah sakit yang mengalami sakit kepala migren, mengalami ketegangan atau jenis sakit kepala lainnya. Ketika tim peneliti menyatukan data polusi udara dari semua daerah dengan data penderita sakit kepala, mereka menemukan bahwa polusi udara merupakan faktor berisiko yang menyebabkan semua jenis sakit kepala.

Dr. Sabit memilih propinsi Santiago sebagai lokasi penelitian karena wilayah ini dikelilingi Daratan Pantai dan gunung Andes. Itulah sebabnya secara geografis wilayah ini mudah mengalami pencemaran udara. Namununtuk memastikan konsistensi hasil penelitian ini di daerah yang berbeda, diperlukan investigasi selanjutnya .[cntq/ais]

Sumber:
http://www.rileks.com/lifestyle/trendz/healthy-life/28463-polusi-udara-sebabkan-sakit-kepala.html
22 Oktober 2009

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus