Rabu, 31 Maret 2010

Memasak Juga Hasilkan Polusi Udara


Harum yang menguar dari restoran bisa jadi membahayakan kesehatan dan lingkungan juga, demikian hasil penelitian di Amerika Serikat.

"Ketika dengan menghirup aroma yang membuat air liur menetes dan selera makan bangkit itu berasal dari emisi asap dari proses memasak yang mengalir lewat udara," kata Deborah Gross, dari Carleton College
Gross dan koleganya menghitung partikel aerosol - baik padat atau tetesan cair -- ketika memasak menggunakan peralatan biasa - pizza di oven, steak di pemanggang dan hamburger di penggorengan.
Kadar emisi tertinggi berasal dari lemak makanan yang dimasak dengan panas tinggi, terutama dengan pembakaran terbuka, seperti membakar hamburger. Untuk setiap 453,5 kilogram hamburger yang dimasak, ada 11,3 kg emisi yang ditemukan Untuk setial 453,5 kilogram pizza yang dimasak, ada 3 kilogra emisi yang dihasilkan. Sementara untuk 453,5 kilogram ayam yang dimasak dengan minyak ada 20,4 kilogram emisi.
Penelitian ini diharapkan bisa menjadi awal pencarian metode memasak dengan emisi yang bisa lebih dikontrol, kata peneliti. "Bukan hanya karena emisi mengancam kualitas air, tapi juga karena emisi mengandung zat karsinogen," kata Gross.

Sumber :
http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/03/25/brk,20100325-235471,id.html
25 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar